Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegent)

Definisi:

AI : Artificial Intelegent Kecerdasan Buatan
• Tujuan membuat mesin yang dapat menyamakan / lebih baik dari pekerjaan yang dilakukan manusia secara spesifik.
• John Mc Carthy (1956), AI :
Memodelkan proses – proses yang dilakukan oleh manusia dan mendesign mesin agar dapat menirukan tingkah manusia.
• Cerdas : memiliki pengetahuan dan pendalaman yang lebih, moral yang baik
Data : berbentuk mentahan dan belum diproses
Pengetahuan : hasil informasi yang telah diolah.
• Mesin harus bisa membuat suatu alternatiff yang dapat memberikan kenyamanan (penalaran yang baik oleh mesin)
• Gambaran sistematis dari mesin

Input/masalah Basis Pengetahuan Motor Inferensi ouput/solusi

• Basis pengetahuan : pengetahuan – pengetahuan yang mendasari pembuatan suatu masalah / input
• Motor inferensi : algoritma untuk mengolah pengetahuan

Kecerdasan Buatan VS kecerdasan Alami

• Kelebihan Kecerdasan Buatan :
1. Bersifat Permanen
2. Mudah diduplikasikan dan disebarkan
3. Lebih murah
4. Dapat didokumentasikan
5. Lebih Cepat dan lebih baik
• Kelebihan Kecerdasan Alami :
1. Kreatif
2. Pengalaman secara langsung
3. Pemikiran luas

Kecerdasan Buatan VS Program Konvensional :

• Kecerdasan Buatan :
1. Fokus pemrosesan : konsep numeric / simbolik ( pengetahuan )
2. Pencarian : Heuristik (dengan adanya informasi)
3. Sifat Input : tidak lengkap
4. Keterangan disediakan
5. Struktur : dipisahkan oleh pengetahuan
6. Sifat Output : kuantitatif
7. Kemampuan menalar.
• Program Konvensional :
1. Fokus prmrosesan : Data & informasi
2. Pencarian : Algoritma
3. Sifat input : Harus lengkap
4. Keterangan : tidak disediakan
5. Struktur : terintegrasi dengan informasi (data)
6. Sifat Output : kualitatif
7. Tidak ada kemampuan menalar

Sejarah

Awal mula 1950an oleh Alan Turing dengan adanya sebuah computer yang dapat menjawab tanpa adanya user yang menjawab.

Bidang AI

• System Pakar
Adalah system yang menggantikan seorang pakar
• Pengolahan Bahasa Alami
1. Perintah bahasa sehari – hari
2. Language Translator
3. Text Summarization
• Pengenalan Ucapan
1. Memberikan instruksi dengan ucapan
2. Alat Bantu membaca Tuna Netra
3. Telepon untuk penderita bisu tuli
• Robotika & Sistem sensor
1. Mesin Cuci
2. Robot
• Computer Vision
1. Sidik Jari sensor
2. Pengenalan tulisan
• Computer Sebagai Tutor
• Game Playing

Soft Computing

• System Kecerdasan
• Metodologi :
1. Logika Fuzzy : adanya logika yang hamper sama dengan aslinya
2. Jaringan syaraf tiruan
3. Probabilistic Reasoning ( ketidakpastian )
4. Algoritma Genetika (ke) Dari Biologi (ke) pemecahan masalah yang baru dengan penggabungan.

Bagi temen” yang ingin mendownload versi lengkapnya klik di sini materi ini kami dapat dari pak yudi ^^

Tinggalkan komentar