Masalah, Ruang Keadaan, dan Pencarian(2)

Metode Pelacakan dan Pencarian

Untuk mengukur perfomansi metode pencarian,
terdapat empat kriteria yang dapat digunakan :

  1. Completeness : apakah metode tersebut menjamin penemuan solusi jika solusinya memang ada?
  2. Time complexity : berapa lama waktu yang diperlukan?
  3. Space complexity : berapa banyak memori yang diperlukan
  4. Optimality : apakah metode tersebut menjamin menemukan solusi yang terbaik jika terdapat beberapa solusi berbeda?

Dua teknik Pelacakan dan Pencarian

Dua teknik pencarian dan pelacakan

1. Pencarian buta (blind search)

• Pencarian melebar pertama (Breadth – First Search)

• Pencarian mendalam pertama (Depth – First Search)

2. Pencarian terbimbing (heuristic search)

• Pendakian Bukit (Hill Climbing)

• Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)

Pencarian Melebar Pertama (Breadth-first Search)

Semua node pada level n akan dikunjungi terlebih dahulu sebelum level n+1. Mulai dari akar terus ke level 1 dari kiri ke kanan.Kemudian ke level selanjutnya hingga solusi ditemukan

Keuntungan

– Tidak akan menemui jalan buntu

– Menjamin ditemukannya solusi (jika solusinya memang ada) dan solusi yang ditemukan pasti yang paling baik

– Jika ada satu solusi maka bread-first search akan menemukannya

Kelemahannya

– Membutuhkan memori yang cukup banyak

– Membutuhkan waktu yang cukup lama

Pencarian Mendalam Pertama (Depth-first Search)

Proses pencarian dilakukan pada semua anaknya sebelum dilakukan pencarian ke node-node yang selevel

Keuntungan

– Memori yang relatif kecil

– Secara kebetulan, akan menemukan solusi tanpa harus menguji lebih banyak lagi

Pencarian Heuristik

Pencarian buta tidak selalu dapat diterapkan dengan baik karena waktu aksesnya yang cukup lama dan Besarnya memori yang diperlukan. Metode heuristic search diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan yang lebih besar. Metode heuristic search menggunakan suatu fungsi yang menghitung biaya perkiraan (estimasi) dari suatu simpul tertentu menuju ke simpul tujuan disebut fungsi heuristic. Contoh Aplikasi yang menggunakan fungsi heuristic : Google, Deep Blue Chess Machine

Ada 4 metode pencarian heuristik

1. Pembangkit & Pengujian (Generate and Test)

2. Pendakian Bukit (Hill Climbing)

3. Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)

4. Simulated Annealing

Pembangkit dan Pengujian

Pada prinsipnya metode ini merupakan penggabungan antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking), yaitu bergerak ke belakang menuju pada suatu keadaan awal.

Algoritma:

– Bangkitkan suatu kemungkinan solusi (membangkitkan suatu titik tertentu atau lintasan tertentu dari keadaan awal).

– Uji untuk melihat apakah node tersebut benar benar merupakan solusinya dengan cara membandingkan node tersebut atau node akhir dari suatu lintasan yang dipilih dengan kumpulan tujuan yang diharapkan.

– Jika solusi ditemukan, keluar. Jika tidak, ulangi kembali langkah yang pertama.

Kelemahan:

1. Perlu membangkitkan semua kemungkinan sebelum dilakukan pengujian

2. Membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencariannya

Pendakian Bukit (hill Climbing)

Metode ini hampir sama dengan metode pembangkitan & pengujian, hanya saja proses pengujian dilakukan dengan menggunakan fungsi heuristik.

• Pembangkitan keadaan berikutnya sangat tergantung pada feedback dari prosedur pengetesan.

• Tes yang berupa fungsi heuristic ini akan menunjukkan seberapa baiknya nilai terkaan yang diambil terhadap keadaan keadaan lainnya yang mungkin

Simple Hill Climbing

Algoritma:

– Mulai dari keadaan awal, lakukan pengujian: jika merupakan tujuan, maka berhenti; dan jika tidak, lanjutkan dengan keadaan sekarang sebagai keadaan awal.

– Kerjakan langkah-langkah berikut sampai solusinya ditemukan, atau sampai tidak ada operator baru yang akan diaplikasikan pada keadaan sekarang:

• Cari operator yang belum pernah digunakan; gunakan operator ini untuk mendapatkan keadaan yang baru.

• Evaluasi keadaan baru tersebut.

• Jika keadaan baru merupakan tujuan, keluar.

• Jika bukan tujuan, namun nilainya lebih baik daripada keadaan sekarang, maka jadikan keadaan baru tersebut menjadi keadaan sekarang.

• Jika keadaan baru tidak lebih baik daripada keadaan sekarang, maka lanjutan iterasi.

Steepest Ascent Hill Climbing

• Steepest-ascent hill climbing sebenarnya hampir sama dengan simple hill climbing, hanya saja gerakan pencarian tidak dimulai dari posisi paling kiri.

• Gerakan selanjutnya dicari berdasarkan nilai heuristik terbaik.

• Dalam hal ini urutan penggunaan operator tidak menentukan penemuan solusi.

Algoritma

• Mulai dari keadaan awal, lakukan pengujian: jika merupakan tujuan, maka berhenti; dan jika tidak, lanjutkan dengan keadaan sekarang sebagai keadaan awal.

• Kerjakan hingga tujuan tercapai atau hingga iterasi tidak memberikan perubahan pada keadaan sekarang.

• Tentukan SUCC sebagai nilai heuristic terbaik dari successorsuccessor.

• Kerjakan untuk tiap operator yang digunakan oleh keadaan sekarang:

• Gunakan operator tersebut dan bentuk keadaan baru.

• Evaluasi keadaan baru tersebut. Jika merupakan tujuan, keluar. Jika bukan, bandingkan nilai heuristiknya dengan SUCC. Jika lebih baik, jadikan nilai heuristic keadaan baru tersebut sebagai SUCC. Namun jika tidak lebih baik, nilai SUCC tidak berubah.

• Jika SUCC lebih baik daripada nilai heuristic keadaan sekarang, ubah node SUCC menjadi keadaan sekarang

Bagi teman-teman yang ingin mendownload versi lengkapnya silakan klik di sini materi ini kami dapat dari pak yudi ^^

Tinggalkan komentar